MA’RUF AL-KURKHI (Salah Satu Murid Para Malaikat)

MA’RUF AL-KURKHI (Salah Satu Murid Para Malaikat)

Muhammad bin al-Mudzaffar berkata, "Diriwayatkan kepada kami bahwa semula kedua orang tua Abu Mahfudz Ma’ruf bin Fairuz al-Kurkhi adalah orang Persia yang beragama Nasrani. Keduanya menyerahkan pendidikan anaknya (Ma’ruf) sejak dini untuk belajar menulis kepada seorang alim. Suatu hari sang guru memberi pelajaran, katakan, 'Tuhan Bapa, Tuhan Anak, Dan Tuhan Ibu.' Ma’ruf membantah dengan mengatakan, 'Tuhan hanya satu.' Kemudian sang guru memukulnya.
Guru pun melanjutkan pengajarannya untuk mengucapkan seperti yang semula. Lagi-lagi Ma’ruf menolak, dia mengucap-kan, 'Tuhan itu satu.' Pada lain hari sang guru memukul dengan pukulan yang lebih keras, maka Ma’ruf pun melarikan diri. Nampaknya kedua orang tua Ma’ruf tidak mampu lagi ber-sabar. Hampir-hampir keduanya berputus asa karena sangat kha-watir dengan pembangkangan Ma’ruf. Akhirnya kedua orangtua Ma’ruf berkata, 'Mudah-mudahan dia menemukan suatu agama yang berkenan di hatinya sehingga kita bisa turut memeluk agama itu.'
Ma’ruf, yang masih anak-anak itu terus berjalan mencari kebenaran sehingga bertemu dengan Ali bin Musa ar-Ridha, lalu menyatakan dirinya masuk Islam dihadapannya. Ia hidup dengan beliau dan membantu beliau dalam tempo yang tidak sebentar. Tak berapa lama kemudian, ia minta izin kepada Ali bin Musa untuk pulang ke rumah orang tuanya. Ia tiba di rumah pada malam hari, setelah mengetuk pintu, orang tuanya ber-tanya, 'Siapa?' Ma’ruf menjawab, 'Saya!' Sebelum membuka pintu, orang tua Ma’ruf bertanya, 'Sekarang kamu memeluk agama apa?' Ma’ruf menjawab, 'Islam.' Kedua orang tuanya mempersi-lahkan masuk dan memeluk Islam. Allah telah berkenan me-ngumpulkan keluarga ini dalam agama Islam."

______________________

Comments

Popular posts from this blog

Teks Lirik Suluk Mitslal Ghomamah dan Artinya

Lirik Qod Bada Ilaiya Az Zahir

Teks suluk ALHAMDULILLAHILLADZI ANAROL WUJUD